Review Underpass Tambun Konsultan Infrastruktur

konsultaninfrastruktur.com – Underpass Tambun yang sudah diresmikan bulan mei 2017 dan sekarang sudah beroperasi. Underpass ini mempunyai arti yang sangat penting bagi warga karena terletak di jalan Mekar Sari. Jalan Mekar Sari merupakan jalan utama di kawasan Tambun, sehingga pada saat kanstruksinya yaitu selama 4 tahun dipandang cukup lama.

Selama dalam pembangunan masyarakat tidak dapat melalui jalan Mekar Sari ini untuk menuju jalan Sultan Hasanudin. Masyarakat harus mencari jalan alternatif ( jalan Tikus) untuk mencapai jalan Sultan Hasanudin. Untuk warga yang akan ke arah Timur melalui Walet atau Kompas sedangkan yang akan ke Barat melalui Indoporlen.

Dengan dioperasikannya Underpass ini disambut gembira masyarakat sehingga akses ke Jalan sultan Hasanudin terbuka kembali. Underpass Tambun ini mempunyai panjang box 48 meter dengan lebar 22m dan tinggi 7,6 m sedangkan tinggi box itu sendiri 5,3 m. Mempunyai 4 lajur dengan 2 arah, yang membentang dari selatan ke utara membentuk perlintasan tidak sebidang dengan jalan Kereta api. Underpass ini dilengkapi dengan pompa pembuangan air sebanyak 6 pompa.

Untuk lalu lintas di sebelah selatan adalah pertigaan akses keluar menuju jalan Sultan Hasanudin lokasinya tepat didepan pasar Tambun. Dengan banyaknya angkutan umum ngetem membuat daerah ini rawan macet sudah seharusnya perlu ada petugas yang mengatur dipertigaan ini terutama pada jam sibuk. Sedangkan disebelah utara Underpas juga ditemui pertigaan dimana terjadi penyempitan yang seringkali macet.Secara keseluruhan Underpass ini cukup baik tetapi ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan sbb

Radius-terlalu-kecil-konsultan-infrastruktur-170x300 Review Underpass Tambun Konsultan Infrastruktur
Jari Jari tikungan terlalu kecil

Geometrik Underpass ini radius tikungan pada sisi utara box terlalu kecil.  Begitu juga sesuai dengan yang kami sampaikan dalam video frontage road menuju jalan utama juga radiusnya terlalu kecil sedangkan disampingnya masih ada lahan.

Pengamatan kami untuk air yang keluar dari pompa cukup besar. Pada saat pengamatan tidak hujan tetapi pompa mengeluarkan air. Perlu direview lagi apakah itu adalah air permukaan atau air tanah.   Kami tidak mempunyai data system drainase Underpass Tambun, sehingga sulit mengevaluasinya.

Untuk sistem drainase underpass yang efisien adalah bila lapisan beton underpass diatas permukaan air tanah normal adalah kedap air. Dengan demikian pompa berfungsi untuk pompa air permukaan pada saat hujan. Demikian juga pompa akan berfungsi pada saat air tanah mempunyai ketinggian diatas normal.  Apabila lapisan beton dibagian bawah tidak kedap air maka pompa akan berjalan terus. Akan berakibat boros energi listrik dan juga mahal dalam perawatannya.