Perbaikan Jalan Rigid Pavement Review

konsultaninfrastruktur.com – Perbaikan jalan rigid pavement review konsultan infrastruktur memerlukan investigasi yang menyeluruh dan perlu dilakukan test pit dilokasi kerusakan. Percobaan test pit ini dilakukan untuk memastikan penyebab kerusakan yang terjadi. Tes pit dilokasi dapat memberikan gambaran pasti untuk perbaikan yang menyeluruh terhadap kerusakan struktur jalan tersebut.

rigid-pavement-229x300 Perbaikan Jalan Rigid Pavement Review
Retak Pada Rigid Pavement.

Terlihat pada gambar perbaikan rigid pavement kurang berhasil karena pavement pecah pecah. Perbaikan rigid pavement yang mengalami pecah pecah perlu dilihat kondisi dari pondasi yang mendukung perkerasan tersebut. Biasanya kerusakan dari Rigid Pavement dimulai dari kerusakan pondasi yang kemudian mengalami perlemahan pondasi diikuti dengan retak permukaan. Retak dan Perlemahan pondsi rigid pavement yang terjadi akan berakibat masuknya air kedalam pondasi. Oleh karena itu retak yang terjadi pada permukaan rigid pavement perlu diwaspadai untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Retak yang terjadi dapat disebabkan oleh pelaksanaan pada saat konstruksi. Bisa jadi karena keterlambatan pada saat motong perkerasan rigid sudah kaku sehingga pada saat itu retak terjadi pada sembarang tempat.

Keretakan semacam ini terjadi karena kelalaian kontraktor sebagai pelaksana di lapangan dan konsultan pengawas yang saat itu bertugas. Seharusnya konsultan pengawas memberikan teguran dan kontraktor segera melaksanakannya. Pada saat kejadian memang tidak terlihat retak yang terjadi tetapi seiring dengan waktu yang berjalan kerusakan semakin jelas terlihat karena lalu lintas sudah membebani jalan tersebut. Dengan kondisi semacam ini sangat mempengaruhi umur rigid pevement itu sendiri.

Pengaruh yang paling signifikan adalah pengaruh air hujan yang akan masuk melalui retak yang ada sehingga pada pondasi terjadi perlemahan yang berakibat kerusakan dikemudian hari. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kerusakan yang terjadi seperti fungsi saluran air yang ada disisi kiri dan kanan jalan. Saluran drainase sangat mempengaruhi kondisi jalan terutama pada saat hujan genangan air dijalan yang tidak segera mengalir akan cepat masuk kedalam retakan jalan sehingga akan terkumpul dibawah perkerasan jalan yang akan merusak konstruksi pondasi jalan. Perawatan saluran jalan memegang peranan yang sangat penting dan perlu direncanakan oleh konsultan infrastruktur yang benar benar memahami masalahnya. Terpenting dari permasalahan jalan yang dibahas kali ini menurut konsultan infrastruktur adalah tidak dapat memperbaiki retak rigid pavement dengan menggunakan lapisan aspal.