Rutting Pada Paving Block

konsultaninfrastruktur.com – Paving block biasa dipasang untuk lingkungan Perumahan dan Pertokoan. Perkerasan ini dari segi estetika bagus sehingga banyak digunkan untuk mempercantik lingkungan. Konsultan infrastruktur mereview salah satu jenia kerusakan paving block yaitu rutting.

Rutting-pada-paving-block-300x169 Rutting Pada Paving Block
Paving Block Mengalami kerusakan rutting
Penyebab Terjadinya Kerusakan Pada Paving Block

Salah satu kerusakan paving block yang sering terjadi adalah rutting. Faktor penyebab rutting sangat banyak tetapi dari semua masalah penyebab kerusakan ini adalah kurang perawatan. Kejadian ini terjadi karena tidak ada antisipasi segera pada waktu gejala masih ringan. Utama lain penyebabnya adalah beton jepit kurang berfungsi dengan baik. Fungsi beton jepit adalah untuk menjepit susunan block yang sudah disetting pada saat pemasangan tidak goyang dan posisi  block terkunci dengan baik. Bisa juga fungsi penguncian tidak berjalan oleh karena pada saat pelaksanaan tidak dilakukan dengan benar. Pemasangan yang tidak rapat dan tidak mengunci antara paving block menyebabkan perlemahan kekuatan dari perkerasan ini. Kekuatan utama perkerasan ini adalah terkuncinya bilah paving block menjadi satu kesatuan. Beban yang dipikul oleh perkerasan mejadi luas sehingga beban yang dipikul oleh perkerasan ringan. Itulah sebabnya perkerasan jenis ini  adalah perkerasan yang mempunayai daya dukung sangat besar apabila dilaksanakan dan dirawat dengan baik. Salah satu contoh pelabuhan tanjung priuk ada beberapa lokasi menggunakan perkerasan ini untuk jalan angkutan peti kemas.

Pendapat yang salah mengenai Paving Plock

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa celah pada paving block membantu penyerapan air dari permukaan perkerasan paving. Pendapat itu tidak dapat dibenarkan oleh karena penyerapan air di celah paving akan merusak pondasi perkerasan. Oleh karena air masuk kecelah paving menyebakan perlemahan pada ponadasi yang dengan cepat  akan terjadi keruasakan. Sebagai contoh rutting ini disebabkan perlemahan dalam pondasi dan ikatan antara bilah paving sudah lepas. Kondisi semacam ini menyebabkan masing masing paving akan menerima beban sendiri sendiri yang menyebakan kerusakan pada paving itu sendiri seperti retak dan pecah. Kalau sudah terjadi lumpur yang ada dibawah pondasi naik kepermukaan berarti kerusakan sudah parah. Perbaikan harus segera dilakukan untuk mencegah biaya perbaikan yang semakin besar